Apa itu FreeBSD?? - Aji Syihab -->

Friday, February 23, 2018

Apa itu FreeBSD??

Assalamualaikum Wr.Wb...
Hay semua, disini saya ingin menjelaskan mengenai apa itu Free BSD

A. Pengenalan
Apa itu FreeBSD? FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite.

B. Pembahasan
FreeBSD dirilis dengan berbagai lisensi perangkat lunak terbuka. Kode kernel dan mayoritas kode yang baru ditulis dirilis dengan lisensi BSD 2-ayat yang memperbolehkan semua orang untuk memakai dan mendistribusikan FreeBSD sesuai keinginan mereka. Lisensi ini disetujui oleh Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan Open Source Initiative sebagai lisensi perangkat lunak bebas dan lisensi perangkat lunak sumber terbuka.
Jika dibandingkan dengan OS yang modern, UNIX original tidak terlalu bagus untuk digunakan. Tapi, karena banyak mahasiswa yang mempunyai source code UNIX, serta banyak dosen yang mempunyai UNIX project untuk mahasiswa, UNIX mengalami perkembangan cepat. Bertahap, banyak useful command dibuat, kemampuan untuk mengontrol “running program” (job control) ditambahkan. Filesystem ditingkatkan kemampuannya seperti yang kita gunakan sekarang.
Perlahan-lahan, seluruh source code UNIX original dicabut dan diganti.
Berbagai universitas yang berkerja dengan UNIX men-share improvement yang mereka lakukan dengan CSRG UCLA (Computer Systems Research Group, University of California Los Angeles). CSRG bertindak sebagai sentral kliring (clearinghouse) dari semua UNIX improvement.
CSRG mendistribusikan source code ini gratis ke semua orang dengan lisensi AT&T UNIX.
Hasil kerjaan CSRG adalah koleksi patches untuk UNIXyang dikenal sebagai Berkeley Software Distribution, atau BSD UNIX. Berkeley juga mendapat donasi DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) untuk implementasi TCP/IP di UNIX.


C. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
1. Virus/Spyware yang menyerang sedikit
2. Banyak terserdia aplikasi dan program gratis
3. Relatif mudah dikustomisasi (diutak-atik) secara bebas
4. Multiuser
Kekurangan:
1. Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command
2. Dibandingkan Windows, GUI pada FreeBSD masih kurang\
3. Bagi para gamers, game system operasi ini sangat sedikit

Sekian penjelasan dari saya mengenai FreeBSD, kurang lebihnya saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb
<Terimakasih>

No comments:

Post a Comment