Konsep Dasar EoIP dan cara kerja EoIP Tunnel di Mikrotik - Aji Syihab -->

Monday, March 5, 2018

Konsep Dasar EoIP dan cara kerja EoIP Tunnel di Mikrotik

Assalamualaikum Wr.Wb...
Hay guys,Selamat malam semuanya Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai konsep dasar EoIP.

A. Pengenalan
Di artikel saya ini, saya akan menjelaskan tentang cara kerja dan konsep dasar EoIP.

B. Pengertian
 EOIP Ethernet over IP Tunneling MikroTik adalah protokol yang membuat sebuah Ethernet tunnel antara dua router di atas koneksi IP. Interface EoIP muncul sebagai interface Ethernet. Ketika fungsi bridging dari router diaktifkan, semua lalu lintas Ethernet (semua protokol Ethernet) akan dijembatani sama seperti jika ada dimana interface Ethernet fisik dan kabel antara dua router (dengan bridging diaktifkan). Pengertian IPIP tunnel adalah sebuah protokol sederhana yang mengenkapsulasi paket IP dalam IP untuk membuat tunnel di antara dua router. IPIP tunnel interface muncul sebagai interface dalam daftar interface. Banyak router, termasuk Cisco dan berbasis Linux, mendukung protokol ini. Maksimum jumlah tunnel yang dapat dibuat EOIP tunnel adalah 65535.

C. Keuntungan dan Kerugian EoIP
1. Keuntungan EoIP :

  • Komunikasi jaringan jarak Jauh layaknya seperti dalam satu jaringan.
  • Biarpun jaringan kita mau melewati beberapa router mau 2,3 maupun 10 nggak ada masalah. maka hal ini dengan kita gunakan yg namanya EOIP tunnel sehingga dengan menggunakan EOIP tunnel ini maka jaringan yang kita tuju akan menjadi satu subnet dengan alokasi ip yang kita inginkan.
  • Lebih efisien

2. Kerugian EoIP :
Dikarenakan melewati beberapa router yang berbeda .maka secara otomatis bisa membaca jaringan tetangganya atau router yang dilewati (biasanya dalam 1 hub) yang masuk, maka jaringan tersebut akan bisa dibaca. Jadi sangat2 rentan karena network kita bisa terbaca. Namun hal ini bisa dihindari yaitu dengan cara port scan yg di gunakan winbox itu kita tutup  di router yang bersangkutan dengan begitu walaupun kita scan berkali-kali tidak akan terlihat.

D. Cara kerja EoIP
Dengan EoIP kita dapat menghubungkan Network yang berbeda segmeng (Memiliki ip public sendiri) hal ini dapat di terapkan oleh kantor yangmemiliki cabang di luar provinsi.

E. Referensi 
https://catatanblogkecil.blogspot.co.id/2013/12/konsep-eoip-tunnel-di-mikrotik.html

Sekian penjelasan dari saya mengenai EoIP, Kurang lebihnya saya minta maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb
<Terimakasih>

No comments:

Post a Comment