Apa itu VLAN?? Bagaimana cara kerja VLAN - Aji Syihab -->

Friday, March 2, 2018

Apa itu VLAN?? Bagaimana cara kerja VLAN

Assalamualaikum Wr.Wb..
Hay guys, Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai vlan dan bagaimana cara kerja vlan.

A. Pendahuluan
Oke guys saya  akan menjelaskan mengenai cara kerja vlan pada mikrotik
B. Pengertian
Apa itu sih Vlan?? Vlan (Virtual LAN) adalah Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya tun tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.


C. Cara kerja Vlan
VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan untuk mengklasifikasikannya, baik menggunakan port, MAC addresses dsb. Semua informasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu vlan (tagging) di simpan dalam suatu database (tabel), jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yang digunakan oleh VLAN. Untuk mengaturnya maka biasanya digunakan switch/bridge yang manageable atau yang bisa di atur. Switch/bridge inilah yang bertanggung jawab menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch/bridge memiliki informasi yang sama.
Switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya atau dapat pula digunakan suatu software pengalamatan (bridging software) yang berfungsi mencatat/menandai suatu VLAN beserta workstation yang didalamnya.untuk menghubungkan antar VLAN dibutuhkan router.

D. Keuntungan dan Kerugian Vlan
1. Keuntungan
  • Mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa, karena ada layer 2.
  • Penghematan biaya 3rd party. Maksud dari 3rd party adalah misal kita punya jaringan besar atau harus manage tiap network tidak perlu beli double VLAN Switch.. Cukup 1 karena di mikrotik sudah ada management VLAN..
  • Pengelolaan jaringan menjadi lebih mudah dan efisien dalam hal biaya perangkat.
  • Cocok di implementasikan di jaringan sekolah/kampus.

2. Kerugian
  • User tidak bis berpindah-pindah vlan
  • Memerlukan cost biaya yang lebih extra
E. Referensi
http://dimas-ehm.blogspot.co.id/2009/10/pengertian-vlan-virtual-local-area.html

Sekian penjelasan saya mengenai vlan, kurang lebihnya saya minta maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb..
<Terimakasih>


No comments:

Post a Comment