TUNNELING : Apa Itu PPPOE Server? - Aji Syihab -->

Tuesday, February 20, 2018

TUNNELING : Apa Itu PPPOE Server?

Assalamualaikum Wr.Wb...
Hay semua, lanjut lagi di blog saya, pada hari ini saya akan menjelaskan tentang tunneling PPPOE server.

A. Pengenalan
Tunneling adalah teknik menghubungkan Jaringan local dengan jaringan public (internet) agar bisa saling terhubung / berkomunikasi melalui sebuah “terowongan” atau tunnel.

Dalam teknik Tunneling ini, nantinya paket data yang dikirim akan dilakukan proses encapsulation (enkapsulasi). Paket data ini nantinya akan dibungkus, dan akan menghasilkan paket data baru oleh protocol lain. Setelah itu, Paket data yang baru tersebut akan dikirim melalui tunnel tadi.

Disini saya akan membahas tentang Protocol Tunneling menggunakan PPPoE

B. Pembahasan

PPPoE Server atau Point to Point Protocol over Ethernet adalah protokol jaringan untuk mengenkapsulasi Point-to-Point Protocol (PPP) frame dalam frame Ethernet.PPP sendiri adalah Protocol Point to Point yang digunakan untuk menghubungkan langsung antara perangkat satu dengan perangkat lain nya. PPP diterapkan pada serial Modem, agar modem tersebut terhubung langsung atau face-to-face dengan ISP.

Bedanya PPP dan PPPoE sendiri ada di bagian penggunaan atau penerapan nya. Pada PPP digunakan pada jaringan yang menggunakan serial modem, Jika PPPoE digunakan pada jaringan Ethernet.

C. Maksud dan Tujuan
Masksud dan tujuan ini adalah supaya pembaca tidak konfigurasi terlebih dahulu sebelum mengetahui dasarnya.

Nah cukup sekian penjelasan dari saya mengrnail PPPoE server di MikroTik dari saya, terima kasih telah berkunjung keblog saya. :)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment