Mengenal Lebih Dalam Lagi Tentang Cisco || BLC TELKOM Klaten - Aji Syihab -->

Friday, January 26, 2018

Mengenal Lebih Dalam Lagi Tentang Cisco || BLC TELKOM Klaten

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kali ini saya akan menjelaskan apa itu Cisco


A. Pengertian
Cisco adalah perusahan terbesar di bidang networking atau jaringan, dan belum ada produk produk yang dapat menandingi cisco. Cisco banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN).

B. Latar Belakang
Cisco Systems didirikan pada bulan Desember 1984 oleh Leonard Bosack , yang bertanggung jawab atas komputer departemen ilmu komputer Universitas Stanford , dan istrinya Sandy Lerner , yang mengelola komputer Sekolah Pascasarjana Bisnis.
Meskipun mendirikan Cisco pada tahun 1984, Bosack, bersama dengan Kirk Lougheed, terus bekerja di Stanford pada produk pertama Cisco. Ini terdiri dari replika yang tepat dari router "Blue Box" milik Stanford dan salinan perangkat lunak protokol multi-protokol yang dicuri. Perangkat lunak ini awalnya ditulis beberapa tahun sebelumnya di sekolah kedokteran Stanford oleh insinyur riset William Yeager . Bosack dan Lougheed mengadaptasinya menjadi dasar bagi Cisco IOS . Pada tanggal 11 Juli 1986, Bosack dan Lougheed dipaksa untuk mengundurkan diri dari Stanford dan universitas tersebut mempertimbangkan untuk mengajukan pengaduan pidana kepada Cisco dan para pendirinya karena pencurian perangkat lunak, desain perangkat keras dan kekayaan intelektual lainnya. Pada tahun 1987, Stanford memberi lisensi perangkat lunak router dan dua papan komputer ke Cisco.
Selain Bosack, Lerner dan Lougheed, Greg Satz, seorang programmer, dan Richard Troiano, yang menangani penjualan, menyelesaikan tim Cisco awal. CEO perusahaan pertama adalah Bill Graves, yang memegang jabatan tersebut dari tahun 1987 sampai 1988. Pada tahun 1988, John Morgridge ditunjuk sebagai CEO.
Produk cisco memiliki kualitas yang sangat mumpuni jadi perusahaan besar banyak yang menggunakan cisco.

D. Maksud dan Tujuan
Mengenalkan  pada anda tentang Cisco Networking Enginering.

E. Pembahasan
Cisco adalah perusahaan yang membuat produk perangkat jaringan yang mempunyai keamanan yang sangat mumpuni. lambang atau logo cisco terinspirasi dari jembatan yang ada di Franscisco dan nama cisco sendiri diambil dari kata FranCisco. Cisco juga mengeuarkan software yaitu cisco packet tracer. Cisco packet tracer juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Cisco Packet Tracer:
  1. Pembelajaran akan lebih menarik sebab media yang dipakai berupa visual atau gambar.Dapat mengurangi
  2. Biaya besar untuk melakukan kegiatan pembuatan jaringan.
  3. Dapat meningkatkan kreativitas individu karena pembelajaran dilakukan sendiri.
  4. Dimungkinkan siswa untuk mengeluarkan idea atau gagasannya secara baik dan sistematis.
  5. Dapat melakukan rancangan suatu topologi jaringan dengan mudah serta penempatan perangkat jaringan dapat diatur dan ditentukan dengan baik.
Kekurangan Cisco Packet Tracer :

  1. Media yang ditampilkan adakalanya susah dipahami oleh siswa.
  2. Permasalahan yang diajukan adakalanya tidak sesuai dengan daya nalar siswa.
  3. Media yang ditampilkan memiliki komponen fisik yang terbatas.
  4. Untuk melatih alur kemampuan siswa untuk belajar melalui media sangatlah sulit.
  5. Harus mambutuhkan konsentrasi yang tinggi, sementara siswa susah diajak konsentrasi penuh atau totalitas.

F. Kesimpulan
Sebelum Melanjutkan lebih jauh lagi mengenai Konfigurasi Cisco, hendaknya kita harus mengetahui konsep dari jaringan Cisco, karena ini tahap terpenting sebelum memasuki tahapan selanjutnya 

No comments:

Post a Comment