Membangun Jaringan sekolah - Aji Syihab -->

Saturday, January 13, 2018

Membangun Jaringan sekolah

Membangun Jaringan sekolah


assalamualaikum...
Kali ini saya akan  berbagi tentang tahapan awal dalam membangun jaringan sekolah, di sekolah saya terdapat desain jaringan seperti gambar diatas, dimana ada beberapa router dan switch yang terhubung ke komputer yang ada di lab lab yang ada di sekolah, nah maka dari itu sangat penting bagi kita seorang teknik jaringan untuk mengetahui beberapa tahapan dalam membangun jaringan disekolah maupun di kantor perusahaan dan berikut pembahasanya.

A. pengertian 
Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Topologi Jaringan Sebuah LAN dapat diimplementasikan dengan berbagai macam topologi. Topologi yang di maksud di sini merupakan struktur jaringan fisik yang digunakan untuk mengimplementasikan LAN tersebut. Topologi dasar yang bisa digunakan dalam jaringan komputer adalah:
  • Topologi Bus (Linear)
  • Topologi Ring (Cincin)
  • Topologi Star (Bintang)
  • Topologi Tree (Pohon)
  • Topologi Mesh (web)
Topologi pengembangan dari ketiga di atas biasanya berupa topologi Tree (Pohon), yang merupakan pengembangan dari star dan Bus, topologi Mash atau Hybrid atau Multipoint atau Web yang merupakan pengembangan dari topologi Point to Point (bus), topologi Loop yang merupakan pengembangan dari topologi Ring Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu dari ketiga topologi ini dapat dipilih untuk mengimplementasikan sebuah LAN. Tentunya topologi yang dipilih adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan LAN yang sedang di rancang.

B. latar belakang
Dalam mendesain topologi jaringan kita harus mengetahui latar belakang dari kenapa harus di buat jaringan di tempat itu, alasanya dan beserta keterangan lengkap, karena jika tidak ada latar belakang yang jelas maka kita tidak akan tau untuk apa dibangun jaringan di tempat tersebut, sebaiknya bicarakan secara langsung dengan orang yang ingin membangun jaringan atau pemilik tempat tersebut
1. fungsi
Kita juga harus fungsi jaringan tersebut untuk apa, apakah untuk perkantoran, untuk sekolah, untuk industri atau untuk hal lain
2. tujuan
Tujuan dari dibangunya jaringan disitu juga harus jelas, jika tidak maka akan terjadi penyalah gunaan jaringan ketikas udah dibangun di tempat tersebut .

C. langkah awal pekerjaaan
Untuk membangun sebuah jaringan, dibutuhkan langkah awal pekerjaan yang tersusun dan terstruktur secara urut dari tahapan awal sampai akhir dan berikut beberapa tahapan langkah awal dalam pekerjaan. 

1.Mendengar permasalahan
Coba dengarkan dan pahami permasalahan dan apa yang diinginkan oleh konsumen saat akan melakukan pembangunan jaringan.
2. Observasi lapangan

Observasi lapangan adalah peninjauan langsung ke lapangan atau melakukan survey lapangan.
3. Mencari perbandingan jenis pekerjaan

Membandingan pekerjaan yang akan dilakukan dengan pekerjaan lain yang setara dengan pekerjaan tersebut untuk mencari hal hal baru.
4. Membuat perencanaan awal
Perencanaan awal terdiri dari:
  • Membuat denah lokasi
  • Perencanaan topologi
  • Inventarisasi peralatan kerja
  • Kebutuhan alat dan bahan
  • Perencanaan estimasi kebutuhan
  • Pembuatan tahapan dan waktu pekerjaan
  • Penetapan anggaran
D. sinkronisasi & finalisasi pembahasan rencana awal perencanaan awal 
menyepakati dan melakukan pembahasan akhir untuk perencanaan awal pekerjaan
1. Rapat koordinasi
2. Finalisasi perencanaan



Demikian yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya minta maaf..

No comments:

Post a Comment