Konsep Kerja Protokoler Server Softswich - Aji Syihab -->

Saturday, September 23, 2017

Konsep Kerja Protokoler Server Softswich

Konsep Kerja Protokoler Server Softswich



A. Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol)
         VoIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet dalam proses komunikasinya suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa, dengan arti lain VoIP dapat didefinisikan suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).
B. Konsep Kerja Server Softswitch        
       Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini.
 C. Kebutuhan Perangkat VoIP
   1. X-lite : sebagai softphone untuk memanggil/menerima telephon
   2. IP Phone : sebagai hardphon untuk memanggil/menerima telephon
   3. Briker : sebagai operating sistem VoIP
   4. Server : sebagai pengelola data pada jaringan VoIP
   5. Modem : Sebagai koneksi apabila VoIP ada di jaringan komputer
D.    Cara Kerja Server Softwitch 
          Ketika pelanggan gateway dan Ip telepony mengirimkan sinyal satu sama lain dalam jaringan paket dengan menggunakan protokol Ip telepony seperti H.323 atau SIP. Setelah sinyal diterima softwitch akan mengidentifikasikan panggilan yang masuk apakah berasal dari jaringan PSTN atau jaringan IP. Jika dipanggil menggunakan jaringan IP, softwitch akan mengintruksikan originating customer gateway dan terminating customer gateway untuk merutekan packetized vice stream secara langsung. Softwitch mengontrol pembentukan (setup) dan pemutusan (release) panggilan dari dan ke pelanggan dan sekaligus mengatur hubungan pelanggan  tersebut dengan internet.

No comments:

Post a Comment